Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Selebrita

latest

Ilene Peserta INTM Sempat Mengalami Eating Disorder, Ini Penjelasannya!

Selebintang.com -  Cuplikan pada tayangan Indonesia’sNext Top Models yang memperlihatkan respon Luna Maya dan Deddy Corbuzier terhadap sal...



Selebintang.comCuplikan pada tayangan Indonesia’sNext Top Models yang memperlihatkan respon Luna Maya dan Deddy Corbuzier terhadap salah satu kontestan bernama Ilene yang meceritakan pengalamannya dalam mengatasi depresi dan eating disorder.

Salah satu akun instagram Seribu Tujuan merupakan akun yang membahas solusi untuk kesehatan mental membahas hal tersebut. Dalam salah satu postingannya @seributujuan mengatakan bahwa depresi itu nyata dan eating disorder itu nyata.

Hal pertama yang dibahas adalah perjuangan dalam membicarakan kesehatan mental, dijelaskan bahwa tidak semua orang berani menceritakan penyakit mental yang ia derita, apalagi harus membuka diri didepan TV Nasional. Penilaian, stigma, dan lelucon yang diterima membuat para penderita harus menghadapi masa-masa sulit itu sendiri.

sumber: instagram/@seributujuan


Seribu Tujuan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ilene karena sudah berani untuk terbuka dan berbagi kisahnya meskipun tidak mudah, keberanian Ilene dapat membantu mereka yang juga mengalami hal serupa

Disebutkan juga depresi dapat memengaruhi individu dari usia, jenis kelamin, atau latar belakang yang berbeda. Menurut WorldHealth Organization (WHO) secara global dari 264 juta orang dari berbagai usia mengalami depresi dan bunuh diri menjadi penyebab kematian kedua diantara individu yang berusia 15-29 tahun.

Baca Juga: Felicia Hutapea Tanggapi Sikap Luna Maya dan Deddy Corbuzier Tekait Kesehatan Mental

Diungkapkan bahwa depresi bukanlah pilihan, mereka tidak memiliki kontrol terhadap perasaan kesedihan atau keputusan yang dirasakan. Seribu Tujuan juga menampilkan data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) (2020) yang menunjukkan bahwa di Indonesia terdapat 1 dari 5 memiliki pemikiran tentang “lebih baik mati” dan sekitar 70 persen orang memiliki masalah psikologis dan 67 persen diantaranya mengalami depresi. Dijelakskan juga bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Sedangkan eating disorder merupakan salah satu penyakit mental yang berbahaya dan biasanya dikaitkan dengan pola makan yang tidak sehat disertai oleh body image yang negatif. Dalam postingan Seribu Tujuan menjelaskan tipe-tipe eating disorder yakni:

Anorexia Nervosa yakni mengurangi energy intake, perilaku obsesif terhadap bentuk tubuh. Kemudian, ada tipe Bulimia Nervosa adalah binge eating lalu memuntahkannya kembali, berolahraga secara berlebihan dan penggunaan obat pencahar tanpa pengawasan.

Penderita eating disorder tidak punya kendali akan kebiasaan makan tidak sehat yang tentunya dapat menyebabkan kematian jika terjadi dalam jangka panjang.

Kemudian, Seribu Tujuan menjelakan bahwa stigma kesehatan mental merupakan hal yang berbahaya karena dapat menghalangi orang untuk mencari bantuan, dapat memperburuk kondisi kesehatan mental seseorang bahkan dapat mendorong pikiran bunuh diri, dapat mengurangi dukungan dan empati bagi mereka yang sedang berjuang akan kesehatan mentalnya, memunculkan citra negatif akan tenaga professional serta intervensinya.

Sitgma kesehatan mental ini muncul karena kurangnya pengetahuan, ketidakpedulian, dan misinformasi terkait hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan mental. Sikap meremehkan dan menjadikan lelucon perjuangan seseorang akan kesehatan mentalnya dapat menjadi faktor pendorong mereka untuk melakukan bunuh diri. (Gambar: instagram/@danellailene | Penulis: Mega)