Mobile Menu

navigasi

More News

Yuk Simak Tips Atasi Dehidrasi Saat Puasa!

Rabu, April 28, 2021


Selebintang.com - Dehidrasi rentan terjadi saat puasa karena tubuh tidak minum selama kurang lebih 12 hingga 13 jam. Meskipun tidak minum dan makan, tetapi kita tetap melakukan aktivitas seperti biasanya, hal inilah yang dapat memicu terjadinya kekurangan cairan.

Dehidrasi tidak dapat dianggap sepele karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dehidrasi juga dapat memicu gangguan kesehatan. Gejala dehidrasi antara lain lemas, pusing, dan tubuh mudah lelah. Tubuh manusia yang terdiri daro 70 persen cairan menjadikan cairan sangat penting untuk tubuh. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya dehidrasi selama puasa yang dilansir dari laman halodoc.com:

1. Penuhi Kenutuhan Cairan Saat Sahur

Agar terhindar dari dehidrasi pastikan minum air putih yang cukup saat sahur. Untuk menyiasati kebutuhan cairan saat puasa dapat menerapkan pola 2-4-2 yang berarti dianjurkan minum 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas air putih saat berbuka puasa, dan 2 gelas air putih saat malam hari atau menjelang tidur.

2. Hindari Makanan yang Terlalu Asin

Makanan yang terlalu asin dapat dihindari agar tidak mudah merasa haus. Makanan bergaram dapat membuat seseorang cepat merasa haus hingga kekurangan cairan karena dapat memengaruhi pengaturan cairan dalam tubuh.

3. Hindari Aktivitas Terlalu Berat

Hindari aktivitas yang terlalu berat saat berpuasa karena dapat menyebabkan tubuh lebih banyak kehilangan cairan. Selain itu, juga dapat mengurangi pekerjaan yang banyak terpapar sinar matahari agat tubuh tidak mudah merasa Lelah dan haus.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi sayur dan buah dapat menjadi salah satu kunci agar lancar berpuasa dan tubuh tetap sehat. Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah juga dapat membantu menghindari dehidrasi. (Gambar: cnn.com)

Komentar 0