Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Mengenal Lebih Dalam Vaksin COVID-19

Selebintang.com - World Health Organization (WHO) bekerja sama dengan para mitra di seluruh dunia untuk membantu mengoordinasikan langkah-...



Selebintang.com - World Health Organization (WHO) bekerja sama dengan para mitra di seluruh dunia untuk membantu mengoordinasikan langkah-langkah dalam proses ini. Sebelum vaksin COVID-19 dapat didistribusikan, beberapa tantangan harus diatasi, diantaranya:

Melansir laman who.int, Vaksin harus terbukti aman dan efektif dalam uji klinis (fase III) besar.

1. Melakukan serangkaian kajian independen atas bukti efikasi dan keamanan, termasuk kajian dan persetujuan regulator di Negara mana vaksin diproduksi. Proses ini juga melibatkan Global Advisory Committee on VaccineSafety (Komite Penasihat Global Keamanan Vaksin).

2. SAGE atau panel ahli eksternal yang ditunjuk WHO akan menganalisis hasil uji klinis dan sesuai bukti-bukti terkait penyakit, kelompok usia yang terdampak, faktor risiko penyakit, dan informasi-informasi lain. Hal ini akan merekomendasikan apakah vaksin akan digunakan serta cara penggunaannya.

3. Vaksin harus dibuat dalam jumlah besar

4. Vaksin harus didistribusikan melalui proses logistik yang kompleks dengan manajemen stock dan pengelolaan suhu yang ketat

WHO bekerja sama dengan para mitra di seluruh dunia untuk mempercepat setiap langkah dan memastikan bahwa standar keamanan tertinggi dipenuhi.

Dampak vaksin COVID-19 dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti efektivitas vaksin, seberapa cepat vaksin disetujui, dibuat, dan didistribusikan, dan berapa banyak orang yang divaksinasi. WHO terus berupaya untuk memastikan bahwa setiap vaksin yang disetujui memiliki efektivitas setinggi mungkin sehingga bisa memberikan dampak yang maksimal. (Gambar: who.int | Penulis: Mega)

Reponsive Ads