Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Berikut Tips Tetap Berpuasa bagi Penderita Sakit Maag

Selebintang.com - Puasa bisa menjadi lebih berat bagi seseorang yang menderita sakit maag, rasa yang muncul akibat sakit maag seperti lambu...



Selebintang.com - Puasa bisa menjadi lebih berat bagi seseorang yang menderita sakit maag, rasa yang muncul akibat sakit maag seperti lambung perih, perut begah, dan rasa terbakar di ulu hati dapat membuat kurang nyaman. Maag bisa diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur, stress, emosi, dan lainnya. Meski begitu, bagi seseorang yang memiliki penyakit maag tetap bisa berpuasa.

Berikut tips berpuasa bagi penderita maag yang dilansir dari alodokter.com:

1. Makan secukupnya saat sahur dan berbuka

Makan yang berlebihan dapat membuat lambung bekerja lebih keras hingga dapat memicu munculnya begah atau perut terasa penuh. Saat berbuka disarankan untuk mengonsumsi makanan ringan terebih dahulu, setelahnya baru dilanjutkan dengan makan besar.

2. Jangan makan terburu-buru

Makan teralu cepat dapat membuat banyak udara masuk ke saluran cerna dan menyebabkan sakit maag.

3. Pilih menu makan yang tepat

Oatmeal menjadi pilihan tepat yang cocok untuk dikonsumsi untuk penderita maag saat berbuka dan sahur. Selain oatmeal, perbanyak minum air mineral juga dapat membantu kerja sistem pencernaan dalam mengolah makanan.

Mengonsumsi buah yang tidak asam, daging rendah lemak, serta mengolah makanan dengan cara dipanggang, kukus, ataupun rebus.

4. Hindari tidur setelah makan

Tidur setelah makan dapat memicu sakit maag, untuk itu jangan langsung tidur setelah makan. Bila rasa kantuk sudah tidak dapat ditahan, dapat tidur dengan posisi setengah duduk yakni posisi kepala dan bahu lebih tinggi dari perut. (Gambar: healthgrades.com)

Reponsive Ads